RPP IPA baru Design RIO SUZUKI


Pada dasarnya pembuatan RPP design seperti diatas sangat mudah asalkan kita sudah mempunyai konsep yang jelas mengenai materi yang akan diberikan. Seperti halnya RPP diatas mengenai sistem syaraf. RPP yang sangat sederhana, tetapi mempunyai makna yang signifikan. Jika anda yang membutuhkan, silakan download link dibawah ini

RPP Sistem ekskresi download
RPP Sistem reproduksi pada manusia download
RPP Sistem saraf download
dan saya minta maaf jika hanya 3 RPP yang dapat kita diskusikan bersama,karena pada saat post ini di terbitkan,saya baru mencapai KD di sistem saraf.Ini bukan RPP yang sempurna tetapi masih harus di diskusikan

Adela: TITIK JENUH

Adela: TITIK JENUH: "'Kecintaan' terhadap suatu pekerjaan adalah keharusan.Sebagai guru, saya selalu sedih tatkala siswa saya 'tidak mendapatkan apa-apa' di sek..."

TITIK JENUH


"Kecintaan" terhadap suatu pekerjaan adalah keharusan.Sebagai guru, saya selalu sedih tatkala siswa saya "tidak mendapatkan apa-apa" di sekolah.Mereka (siswa) hanya hadir duduk dan mendengarkan tanpa mengapresiasi mengenai pemahaman yang Guru berikan, sungguh sayang. Terbesit dalam benak saya, bahwa sekolah bagi siswa saya dianggap sebagai "paksaan" dan "keterpaksaan" tanpa ada esensi kesadaran bahwa itu merupakan kebutuhan. Tetapi sebenarnya hal itu bisa kita rubah. Berawal dari identifikasi bahwa, hipotesis awal saya mengatakan bahwa masalah tersebut diatas dikarenakan setiap manusia memiliki titik kejenuhan. Jika seseorang sudah jenuh maka proses rangkaian berpikir tidak akan pernah bisa berjalan. Kemungkinan itu yang terjadi pada siswa saya. Maka saran kecil saya, ciptakanlah pembelajaran yang menyenangkan. Menurut pengalaman saya yang belum lama menjadi guru, siswa cenderung senang sekali jika "dilibatkan" dalam proses belajar mengajar. Jika mereka dilibatkan, terkadang ada sesuatu yang membuat kepercayaan diri mereka tumbuh dan dengan sendirinya meruntuhkan titik jenuh yang mereka punya.
Hipotesis saya yang kedua adalah dedikasi. Dedikasi yang dimiliki mereka sangat kurang, sehingga solusi kecilnya yaitu kedisiplinan. Kedisiplinan sangat tipis sekali jaraknya dengan "pemaksaan" dan "keharusan" tetapi itulah modalnya. Pendidikan disiplin akan mengubah pola pikir siswa menjadi siswa yang tangguh.
Sayang sekali kalau boleh saya mengkritik terhadap sekolah saya tercinta, hal ini kurang didukung oleh rekan-rekan saya. Saya berharap kita semua (Guru) berjuang menjadi lebih baik.